ikon-wisata-purbalingga
Pawarta Pilihan

Kambing Kejobong Akan Menjadi Ikon Ternak Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA –  Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan mendorong Kambing Kejobong sebagai salah satu ikon baru bagi Kota Perwira. Terutama menjadi ikon ternak.

Langkah ini diharapkan akan turut menjadikan Purbalingga sebagai pusat pembibitan kambing hasil persilangan antara Kambing Kacang dan peranakan Etawa alias PE.

Langkah ini juga didukung dengan adanya keputusan Menteri Pertanian mengenaiKekayaan Sumber Genetik Lokal. Yakni Keputusan Menteri Pertanian Nomor 301/kpts/SR120/5/2017.

“Kalau di Kebumen ada sapi peranakan ongol, di Purworejo ada kambing peranakan etawa dan sekarang kita memiliki kambing Kejobong,” kata Kepala Dinas Pertanian, Lili Purwati.

Purbalingga telah memiliki populasi ternak kambing Kejobong mencapai 59.588 ekor. Yang terdiri dari ternak jantan 22.622 ekor dan betina 37.363 ekor.

Bupati Purbalingga bahkan siap mendukung program ini dengan memelihara 50 ekor kambing Kejobong. “Dulu saya juga pernah mencari rumput untuk pakan ternak. Saya senang,” kata Bupati Tasdi.

Wilayah Kabupaten Purbalingga sangat potensial untuk mengembangkan peternakan karena memiliki sumber pakan ternak yang berlimpah. Program ini juga diharapkan bisa membantu peningkatan kesejahteraan peternak kambing.

“Kita jangan hanya senang makan sate saja. Tapi kita juga harus bisa meproduksi daging dengan mengembangkan ras kambing Kejobong ini. Nanti saat idul adha, pengiriman hewan qurban ke Jakarta dan kota-kota besar lainnya juga dapat meningkat. Ini potensi ekonomi Purbalingga,” kata Bupati Tasdi.

Selain Bupati, Direktur PDAM Purbalingga Riyanto juga bakal mengembangkan bisnis kambing Kejobong. Pimpinan PDAM sudah mendaftar ingin mengembangkan 11 ekor Kambing Kejobong.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan