bandara-soedirman-di-purbalingga
Pawarta Pilihan

MoU Pembangunan Bandara Soedirman Sudah, Ini Langkah Selanjutnya

BRALING.COM, JAKARTA – Nota kesepahaman (MoU) mengenai pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga sudah resmi ditandatangani 11 November 2017 di Jakarta. Setelah ini, seluruh pihak terkait proyek ini langsung bergerak sigap.

Penandatangan dilakukan oleh Bupati Purbalingga Tasdi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, Asisten Logistik KSAU Marsekal Muda TNI Yadi Husyadi, dan Direktur Utama LPPNPI Airnav Indonesia, Novie Riyanto.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin berkata, program pembangunan bandara ini diharapkan bisa menjadi bagian dari sinergi yang positif. AP II pun akan segera menindaklanjuti nota kesepahaman ini dengan langkah taktis.

“Setelah penandatanganan kesepahaman ini, akan segera dituntaskan Detail Enginering Design (DED) serta disiapkan Perjanjian Kerjasamanya (PKS). PT Angkasa Pura II berkomitmen untuk mendukung aksesasibilitas di wilayah Jateng bagian Barat Selatan,” kata Muhammad Awaluddin.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap keberadaan Bandara Soedirman di Purbalingga bisa mengatasi masalah mobilitas masyarakat di Jawa Tengah Bagian Selatan. Sebab, pilihan moda transportasinya kini tidak hanya bus dan kereta api, namun juga ada pesawat terbang.

“Jika bandara Soedirman terwujud, maka akses menuju Purbalingga dan kota di sekitarnya akan semakin terbuka lebar. Apalagi, Purbalingga merupakan kota yang menghasilkan bulu mata palsu,” kata Ganjar Pranowo.

“Selain itu, dengan keberadaan bandara, juga akan membuka akses perdagangan, perekonomian dan pariwisata. Jika mau ke Dieng atau tempat wisata di Purbalingga atau sekitarnya, landing pesawatnya nanti cukup di Purbalingga,” imbuh Ganjar.

Baca: Pekan Ini, MoU Pembangunan Bandara Soedirman Ditandatangani Di Jakarta!

Bupati Purbalingga Tasdi menyebut MoU ini sebagai momentum bersejarah dan penting yang telah lama ditunggu. Rencana pembangunan bandara komersil sudah dirintis sejak tahun 2006 silam.

Karena itu, Bupati Tasdi berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan dan jajarannya, Mabes TNI AU, Direktur Utama PT Angkasa Pura II beserta jajarannya, Airnav Indonesia, Gubernur Jawa Tengah atas realisasi program ini.

“Saya juga meminta maaf kepada Pak Direktur Utama PT Angkasa Pura II, jika sering telepon menagih janji realisasi bandara Soedirman,” kata Tasdi saat memberikan sambutan.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga berharap pembangunan fisik bandara Soedirman bisa mulai dilaksanakan 18 Desember 2017, sehingga pada 18 Desember 2018 sudah bisa beroperasi dan diresmikan saat Hari Jadi Purbalingga di tahun 2018 mendatang.

BANGKIT WISMO

One thought on “MoU Pembangunan Bandara Soedirman Sudah, Ini Langkah Selanjutnya”

Tinggalkan Balasan