Pawarta

Siswa SMPN 1 Mrebet Belajar Membuat Keramik

BRALING.COM, PURBALINGGA – Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mrebet yang berjumlah 278 siswa mengikuti program Outdoor Learning atau pembelajaran di luar kelas. Pada program yang digelar Rabu 8 November 2017 itu, mereka belajar pembuatan keramik Terra Berkarya di desa Kajongan, Bojongsari.

Karena ini adalah pengalaman perdana, siswa pun mengikuti kegiatan dengan senang dan rasa ingin tahu yang tinggi. “Saya jadi lebih paham proses pembuatan keramik meski kotor tapi kegiatan ini mengasyikan,” kata Eko Prasetyo, siswa kelas VIII A.

Pada kegiatan tersebut juga didampingi oleh beberapa guru. Salah seorang guru pendamping Eli Noviati berkata, kegiatan tersebut untuk melengkapi pembelajaran teori mata pelajaran Prakarya yang sudah diberikan di kelas.

“Di semester ini ada pembelajaran mengenai proses pembuatan keramik sehingga kami berinisiatif untuk mengajak siswa langsung praktek membuat keramik,” jelas Eli Noviati.

Kepala SMPN 1 Mrebet, Bambang Riadiyanto menjelaskan pembelajaran di luar kelas sesuai dengan implementasi kurikulum 2013, dimana kegiatan pembelajaran tidak hanya di dalam kelas saja tapi lebih konstekstual.

Selain praktik membuat keramik, siswa juga diajak berkeliling di tempat workshop untuk melihat para pekerja membuat keramik dari awal hingga finishing. Pembuatan keramik yang dipraktikkan yaitu dengan teknik cetak tuang dan ukir. Sedangkan finishing dengan teknik glasir, pewarnaan dan tempel cangkang telur.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan