Gaya

Teater Remaja Gerbang Pusaka SMKN 1 Kutasari Gelar Workshop

BRALING.COM, PURBALINGGA – Teater Remaja Gerbang Pusaka SMK N 1 Kutasari menggelar workshop teater bagi anggota baru di sekolah, 11-12 November 2017. Workshop ini dilaksanakan untuk memperdalam skill teater.

Menurut Junika, guru pembina ekstrakulikuler teateri, workshop ini bertujuan untuk membekali anggota baru maupun yang lama dalam bidang keteateran. Karena itulah, pematerinya pun merupakan pelaku seni teater.

Sastrawan dan teaterawan Ryan Rachman menyampaikan materi tentang sejarah dan dasar-dasar teater, sementara materi naskah teater diberikan oleh Agustav Triono yang juga pegiat sastra dan teater. Untuk materi artistik dalam teater disampaikan oleh M Fuad Bakhtiar serta dasar-dasar Keaktoran disampaikan oleh Dwi Pebriantoro.

Masing-masing pemateri tidak hanya menyampaikan teori saja namun disertai praktek. Pada sesi penyusunan naskah teater, para peserta berpasangan untuk menyusun dialog singkat lalu dibacakan.

Pada materi artistik juga disimulasikan penataan setting panggung dan praktek make up karakter. Di akhir acara peserta yang dibagi menjadi 6 kelompok mementaskan drama pendek yang di akhir pementasan di evaluasi oleh para pemateri.

“Saya berharap peserta bisa terus berproses dan disempurnakan melalui latihan rutin serta jangan pernah merasa puas dalam berteater,” kata Dwi Pebriantoro.

Kepala Sekolah, Darimun MPd disela-sela kegiatan berkata bahwa seni teater bisa dijadikan ajang untuk menampung minat bakat siswa sehingga bisa meminimalisir pengaruh pergaulan yang negatif.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan