Pawarta

Bupati Wacanakan Kirim 18 Pemuda ke Tiongkok, Mau Apa Yah?

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Tasdi mewacanakan untuk mengirimkan pemuda di Kota Perwira ini ke Tiongkok. Bupati Tasdi bahkan sudah meminta anggarannya segera dipersiapkan.

Wacana itu dilontarkan Bupati Purbalingga saat Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Purbalingga Tahun 2017, di Operation Room (OR), Senin 4 Desember 2017.

Sebagai informasi, sebelumnya Bupati Tasdi sudah melontarkan program satu desa satu dokter atau one village one doctor di tahun 2018 mendatang. Program ini akan membuat Pemkab Purbalingga mengirimkan 36 pemuda untuk kuliah di jurusan kedokteran.

“Memang tidak mudah, untuk meningkatkan SDM saya berencana akan mengirimkan 18 pemuda untuk ke China belajar pertanian. 18 orang itu diwakili masing-masing 1 orang dari tiap kecamatan,” terang Bupati Tasdi.

Bupati menjelaskan bahwa 18 pemuda yang akan pergi ke Tiongkok itu bakal belajar tentang pertanian. Program ini dibuat karena semakin banyak anak muda yang ogah berkiprah di bidang pertanian.

“Semakin berkurangnya minat pemuda menjadi petani, menjadi keprihatinan yang perlu segera dicarikan solusinya. Generasi muda harus akrab dengan penyelenggaraan pertanian, berkontribusi nyata menjaga ketahanan pangan, karena ke depan kedaulatan pangan Indonesia ditentukan kiprah generasi mudanya,” kata Bupati Tasdi.

Bupati Tasdi menambahkan, selain menggali minat pemuda untuk bertani, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten dan menguasai manajemen pertanian untuk mengubah pola pikir dengan merumuskan ide-ide kreatif meningkatkan pengelolaan pertanian sehingga cita-cita menjadikan Purbalingga menjadi salah satu lumbung pangan di Jawa Tengah bahkan Indonesia dapat dicapai.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan