wisata-tahu-purbalingga
Plesir

Kalikabong Kenalkan Produk Inovasi Tahu, Salah Satunya Pizza Tahu!

BRALING.COM, PURBALINGGA –┬áKelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah dikenal sebagai salah satu sentra produksi tahu. Namun, karena pesona tahu khas kalikabong mulai meredup, Kelurahan Kalikabong pun berusaha kembali menggaungkannya.

Dimotori oleh Karangtaruna Medan Remaja, tahu khas Kalikabong kembali dikenalkan ke publik melalui Pesta Tahu Kalikabong, Minggu 3 Desember 2017. Di Pesta Tahu ini dimunculkan banyak produk olahan tahu yang sangat inovatif.

Jika selama ini Kalikabong hanya dikenal lewat tahu kulit, tahu kuning, tahu keras putih. Akan tetapi di Pesta Tahu muncul berbagai olahan inovatif berupa tahu pong, tahu bulat, bubur tahu, tahu ayam hot, tahu aci sampai dengan tahu pizza!

Tahu-tahu tersebut ada yang dibagikan secara gratis dalam bazzar yang digelar di halaman Swalayan KenMriki Purbalingga. Tidak heran jika tahu yang mengundang minat icip-icip itu langsung ludes dalam hitungan menit.

“Pesta Tahu ini sebagai pancingan agar ada inovasi dan produsen tahu bisa lebih semangat memasarkan dengan naik kelas,” jelas salah satu panitia, Rustiono mengenai tujuan marketing pesta tahu.

Salah satu menu yang sangat menarik minat pengunjung adalah tahu pizza. Tahu ini berbentuk bulat selayaknya pizza. “Ada pilihan topping keju, coklat dan juga sayur,” kata Rustiono.

“tahu itu menjadi lebih menarik dan bisa dijual 1 buahnya Rp 3.500 sampai Rp 5 ribu. Selain itu produk lain masih dalam proses, yaitu tahu burger,” kata Rustiono dalam acara yang dibuka Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

Ketua Karang Taruna Medan Remaja, Lukman Setyo menjelaskan, Pesta Tahu dimeriahkan dengan Lomba Kudapan Berbahan Tahu yang diikuti oleh 30 kelompok PKK se-Kelurahan Kalikabong, lomba mewarnai hingga Bazar Tahu.

Dari lomba Kudapan Berbahan Tahu itu kata Lukman, munculah puluhan aneka kreasi dan olahan dari tahu. Seperti brownis tahu, puding tahu, bubur tahu, sate tahu, tahu rambutan, tahu pizza, tahu Kentucky, tahu pong, tahu crispy, tahu bulat, tahu panggang dan lain-lain.

Lukman, berharap kesuksesan pesta tahu bisa dilanjutkan dengan realisasi pusat oleh-oleh kuliner tahu di Kalikabong. “Dan selanjutnya akan digelar kembali Pesta Tahu II,” kata dia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan