Pawarta

Purbalingga Target Tanam 272.700 Pohon

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan menanam 272.700 batang pohon di berbagai wilayah. Program ini dibuat demi menyukseskan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN).

Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan hal itu saat melakukan pencanangan gerakan menanam pohon di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet. Pencanangan dilakukan simbolik dengan menyerahkan bibit ke Kepala Desa Sangkanayu, Ali Nursetiawan.

“Yang ditanam di desa kami 38.700 batang. Terdiri dari bibit Albasia 32.000 batang dari industri kayu dan 6.700 batang bibit produktif dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Jenisnya durian, klengkeng dan nangka,” ujar Ali, Selasa 5 Desember 2017.

Program ini sendiri didukung oleh DLHK Provinsi Jateng, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo (BPDAS HL SOP), Kebun Bibit Rakyat (KBR), PT Wana Makmur Sejahtera (WMS), PT Purbayasa, PT Majapura, PT Bima Nugraha, PT Karya Bhakti Manunggal (KBM), PT Sun Jaya Prima (SNJP) dan PT Phonik.

Bupati Tasdi mengapresiasi keterlibatan industri pengolahan kayu di Purbalingga dalam kegiatan HMPI dan BMN di Purbalingga. “Mengapa industri kayu dilibatkan dalam kegiatan penanaman pohon. Supaya mereka tidak hanya menikmati hasil penebangan pohon saja. Merekapun harus terlibat bagaimana menjaga alam kita,” kata Tasdi.

“Dari kegiatan ini ada 234.000 batang yang disalurkan di berbagai wilayah seperti kecamatan Rembang, Bobotsari, Bojongsari, Karangreja, Karangjambu, Karanganyar, Karangmoncol, Keligondang, Pengadegan, Mrebet dan Kutasari,” jelasnya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan