seniman-sablon-purbalingga
Pawarta

SSP Terus Tingkatkan Skill & Bisnis Pelaku Usaha Sablon

BRALING.COM, PURBALINGGA – Masih banyak anak muda di Purbalingga yang belum memiliki mental kewirausahaan. Mereka masih fokus mencari uang dengan bekerja dibandingkan mengasah potensi yang ada did dalam dirinya.

Dengan berwirausaha, generasi muda tidak hanya mengembangkan potensinya namun juga bisa membantu kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. “Kondisi ini yang mendorong munculnya Komunitas ‘Seniman Sablon Purbalingga’ atau SSP,” kata Ketua SSP, Arifudin.

Komunitas ini fokus mewadahi pelaku usaha industri kreatif di bidang sablon kaos. Arifudin yang karib disapa Arif berkata, wadah ini menjadi penting keberadaannya mengingat perkembangan industri sablon dan clothing sangat pesat.

“Namun belum diimbangi dengan pengetahuan perkembangan industri sablon yang luas, sehingga berpengaruh pada kualitas dan kuantitas hasil produksi itu sendiri,” sambung Arif.

Dia menyontohkan, masih banyaknya pelaku usaha sablon yang masih memakai sistem “todong”. Yakni menggunakan alat bantu untuk kepresisian gambar yang di sablon.

Komunitas SSP ini kemudian menjadi ruang untuk berbagi tentang perkembangan dan teknik baru dunia sablon. “Dan terbukti sampai bulan ke-6 SSP berdiri, banyak anggota SSP yang sudah upgrade alat dan teknik sablon,” kata Arif.

“Dengan begini, saya kira Purbalingga sudah dapat bersaing dengan vendor maupun clothing taraf nasional bahkan internasional, karna ada juga vendor asal purbalingga yg sudah memiliki langganan di luar Jawa dan luar negeri,” kata Arif.

Selain menggelar pertemuan rutin, SSP juga telah menggelar Tour Sablon Clothing ke Jawa Timur 2 – 4 Desember 2017. Acara yang mereka datangi yakni Gathering Sablon Jawa Timuran yang digelr di stadion Glora Pancasila Surabaya.

Agenda ke Jawa Timur tersebut dimaksudkan untuk menambah ilmu dan wawasan serta relasi di jawa Timur. “Semoga pelaku usaha sablon purbalingga bisa mengambil banyak ilmu di tour ini. Serta kedepan bisa membuat event sablon taraf nasional di purbalingga,” kata Arif berharap.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan