Pawarta

Tips Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Salah satu faktor yang membuat suatu produk terus eksis ialah tersedianya pelanggan yang loyal dari masa ke masa. Karenanya, menyediakan layanan pelanggan yang hebat merupakan hal yang sangat penting.

Bisnis yang baik memang sudah semestinya memperhatikan pula pengalaman yang dimiliki pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Apa yang mereka pikirkan dan rasakan dan apa manfaat produk itu dalam menjawab kebutuhan pelanggan.

Berikut ini lima cara untuk menciptakan pola layanan pelanggan yang baik dalam pemasaran produk yang dikutip dari Marketing.co.id.

Mengenal Produk atau Jasa yang Dijual

Mengenal produk bukan hanya mengetahui kelebihan produk. Akan tetapi juga mengetahui apa kebutuhan pelanggan dengan detail. Dengan pemahaman itu, maka akan mudah untuk menyelaraskan kepentingan penjualan dengan keinginan pelanggan.

Menunjukan Sikap yang Baik

Sejatinya, layanan pelanggan dimulai dengan senyuman. Sikap ramah ini kemudian dilengkapi dengan sikap mau mendengarkan serta mampu menangani permintaan dengan tepat. Mengucapkan terimakasih kepada pelanggan juga akan memberikan nilai lebih dalam pelayanan.

Melatih Kemampuan Tim Penjualan

Penting untuk memastikan semua karyawan, bukan hanya divisi layanan pelanggan, memahami cara mereka berbicara, berinteraksi dan memecahkan masalah yang dihadapi pelanggan. Berikan pelatihan secara berkala untuk meningkatkan kapasitas sales mereka.

Perlihatkan Rasa Hormat

Layanan pelanggan sering kali melibatkan emosi, sehingga penting untuk bersikap sopan dan hormat. Jangan biarkan emosi menghilangkan minat pelanggan untuk membeli menjadi pupus. Lebih banyak mendengarkan kebutuhan pelanggan akan membuat proses pemasaran dan pelayanan kepada pelanggan akan semakin mudah.

Perhatikan Saran dan Lakukanlah

Memperoleh saran ataupun kritik dari pelanggan bisa dilakukan secara langsung ataupun melalui survei pelanggan, formulir umpan balik hingga kuesioner. Dari saran tersebut, bisa diketahui harapan dan kebutuhan pelanggan atas produk yang ditawarkan. Namun yang tak kalah penting ialah menerima dan menggunakan masukan itu sebagai dasar untuk membuat perubahan spesifik dalam bisnis Anda.

Layanan pelanggan yang hebat harus dikaji dengan tepat dan secara terus menerus. Dengan begitu, produk yang ditawarkan akan selalu mampu menjawab kebutuhan pelanggan.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan