dindukcapil purbalingga
Pawarta

Dari 48 Ribu Pemohon, Purbalingga Baru Sediakan 12 Ribu Blangko E-KTP

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Purbalingga telah menyiapkan 12.000 lembar blangko KTP elektronik, pada awal tahun 2018 ini.

Jumlah yang disediakan Dindukcapil tersebut sejatinya masih tergolong sedikit, mengingat masih ada 48.000 pemohon di Purbalingga yang belum terselesaikan permohonan pembuatan E-KTP-nya.

Sekretaris Dindukcapil Purbalingga, Rusmo Purnomo mengatakan, masalah blanko E-KTP di Kota Perwira akan diselesaikan secara bertahap. Termasuk blangko bagi 36.000 pemohon yang belum mendapat alokasi.

“Nanti jika tinggal sedikit blangkonya kami akan mengambil lagi ke Pusat, untuk menambah blangko pembuatan E-KTP sehingga diharapkan para pemohon E-KTP dapat terlayani semuanya,” kata Rusmo di ruang kerjanya, Selasa 16 Januari 2018.

Sebagai informasi, dari total 12 ribu blangko yang disediakan, 8 ribu blangko berasal dari Pemerintah Pusat, sedangkan 4 ribu blangko berasal dari Pemerintah Provinsi. Setiap harinya, Dindukcapil Purbalingga melayani setidaknya 800 pemohon.

Rusmo juga menjelaskan tentang Kartu Identitas Anak (KIA). Kata RUsmo, saat ini tinggal Purbalingga yang belum menerapkan perekaman dan pencetakan KIA. KIA merupakan kartu identitas bagi anak yang berumur dibawah 17 tahun.

“Kalau anak umur 0-5 tahun ada KIA tapi nggak ada fotonya, sedang 5-16 tahun ada fotonya,” jelas Rusmo. Saat ini KIA belum terealisir dikarenakan terkendala belum teranggar dalam APBD 2018.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan