desa prigi, kecamatan padamara
Pawarta

Desa Prigi Kembangkan Bank Sampah Asri Jaya

BRALING.COM, PURBALINGGA – Desa Prigi, Kecamatan Padamara mendirikan Bank Sampah Asri Jaya. Keberadaan bank sampah ini diharapkan membantu penanganan masalah sampah di Desa Prigi.

Bank sampah ini tidak hanya akan mengambil sampah dari masyarakat, namun juga dirancang untuk memberdayakan masyarakat. Nantinya, warga desa bisa menabung sampah di Bank Sampah Asri Jaya.

Sampah yang dikumpulkan dari masyarakat itu kemudian akan dipilah dan digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan, sementara sebagian yang lainnya akan dijual untuk di daur ulang.

Ketua Umum Karangtaruna Garda Prigi, Joko Susilo menjelaskan, program pendirian Bank Sampah Asri Jaya dilakukan bersama dengan pemerintah desa, masyarakat serta mahasiswa praktek keperawatan profesi ners dari UMP.

Pembentukan bank sampah dimulai dengan pelatihan pemilahan dan pengelolaan sampah yang digelar Aula Balai Desa Prigi, Selasa 23 Januari 2018. Pematerinya Raden Roro Hendarti, Direktur Limbah Pustaka Desa Muntang Kecamatan Kemangkon.

Kepala Desa Prigi Joko Priyatno mengemukakan bahwa Pemerintah Desa siap membantu bahkan memfasilitasi keperluan Bank Sampah Asri Jaya sesuai kemampuan. “Karena kami selaku Pemerintahan Desa Prigi selalu mendukung apapun Kegiatan positif yang ada di desa,” kata Kades Joko Priyatno.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan