bpjs ketenagakerjaan purbalingga
Pawarta

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga di Tahun 2017 Tembus Rp 21 M

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kantor Cabang Perintis (KCP) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Purbalingga telah membayar klaim jaminan sebesar Rp 21.748.290.950 di tahun 2017. Jumlah ini untuk membayar klaim kasus sebanyak 5.380 kasus.

“Klaim tersebut disalurkan melalui empat program, masing-masing program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK),  dan Jaminan Pensiun (JP),” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Purbalingga Gunadi Hery Urando, Jumat 12 Januari 2018.

Jika dibandingkan tahun 2016, pertumbuhan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tahun 2017 di Purbalingga cukup signifikan. Setidaknya ada penambahan 405 perusahaan, badan usaha atau instansi yang mengikutkan karyawannya.

Sekarang, jumlah kepesertaan aktif tercatat sebanyak 43.436 peserta yang berasal dari 1.034 perusahaan. Jumlah ini belum termasuk penambahan pendaftaran proyek jasa konstruksi 545 proyek dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 9.985 orang peserta.

“Kami optimis, jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2018 akan semakin meningkat. Hal ini seiring dengan kesadaran pemilik perusahaan dan pimpinan badan usaha untuk mengikutsertakan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Gunadi Heri.

Meski ada tren positif, Gunadi masih belum berani merinci target kepesertaan tahun 2018. Sebab ia masih harus menunggu penetapan resmi dari kantor pusat melalui mekanisme Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) 2018 di level pusat.

“Kemarin baru di rapatkan breakdown penyusunan target per cabang dari kantor wilayah dan dilaporkan ke kantor pusat untuk penetapan target 2018. Biasanya penetapan RKAT pada bulan Februari,” imbuh dia.

Untuk meningkatkan jumlah kepesertaan, KCP BPJS Ketenagakerjaan Purbalingga \menetapkan empat desa sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial. Yakni . Desa Karangreja (Kutasari), Desa Sinduraja (Kaligondang), Desa Kalialang (Kemangkon) dan Desa Bajong (Bukateja).

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan