Beasiswa dokter purbalingga
Pawarta Pilihan

Tahun 2018 ini, Pemkab Purbalingga Akan Kuliahkan 36 Pelajar Biar jadi Dokter

BRALING.COM, PURBALINGGA – Komitmen Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga untuk untuk mengentaskan kemiskinan di Purbalingga lewat program One Village One Doctor akan direalisasikan pada tahun 2018 ini.

Bupati Tasdi mengatakan, Program Pemberian Beasiswa Fakultas Kedokteran bakal diwujudkan tahun ini. Pemkab akan mencari 18 pelajar dari keluarga kurang mampu dan 18 pelajar dari kategori umum untuk kuliah kedokteran di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Gajah Mada (UGM).

“Kalau di UGM untuk beasiswa 18 calon dari umum, sedangkan yang 18 calon dari keluarga miskin akan kita berikan beasiswa di Unsoed Purwokerto,” kata Bupati Tasdi, Senin 15 Januari 2018 di Operation Room Graha Adiguna,

Program beasiswa dokter merupakan salah satu program inovasi pemkab dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Konsepnya sama dengan SMK Negeri 3 Purbalingga atau yang dulu dikenal sebagai SMK Dhuafa, yang khusus diperuntukan bagi siswa dari keluarga kurang mampu.

Melalui program beasiswa ini, Pemkab Purbalingga akan membiayai pelajar asli Purbalingga untuk dikuliahkan menjadi dokter. Nantinya ada 18 calon dokter dari keluarga kurang mampu yang akan dibiayai penuh dan 18 calon dokter dari umum namun tidak dibiayai penuh.

Setelah menjadi dokter, peserta beasiswa tersebut akan ditarik kembali untuk menjadi dokter di wilayahnya. “Nanti kita akan segera melakukan MoU dengan Unsoed dan UGM,” jelasnya.

Bupati Tasdi berharap program beasiswa dokter tersebut dapat dilaksanakan tepat sasaran sehingga dapat berkontribusi terhadap upaya penanggulangan kemiskinan di kabupaten Purbalingga.

“Harus diseleksi betul. Untuk yang dari keluarga kurang mampu ya harus benar-benar tidak mampu dan pintar. Sehingga nantinya bisa mengangkat keluarganya yang tadinya miskin menjadi tidak miskin. Demikian juga yang dari umum,” kata Bupati Tasdi.

BANGKIT WISMO


2 thoughts on “Tahun 2018 ini, Pemkab Purbalingga Akan Kuliahkan 36 Pelajar Biar jadi Dokter”

Tinggalkan Balasan