kpu sri wahyuni
Pawarta

Media Massa di Minta Menjaga Kondusifitas Pilgub Jateng 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA – Ketua KPU Purbalingga Sri Wahyuni meminta media massa di Purbalingga turut memberikan sosialisasi penyelengaraan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018.

Dan tentu saja turut menjaga kondusifitas masyarakat melalui pemberitaan yang konstruktif dan mendidik. Apalagi masa kampanye sudah digelar mulai 15 Februari 2018 sampai dengan 23 Juni 2018.

“Peran media sangat penting, sebab masyarakat cenderung lebih mempercayai media dan akan menerima informasi apapun dari media, maka kami berharap media bijak dalam menyampaikan berita,” kata Yuni.

KPU Purbalingga juga mengingatkan bahwa media harus berperan netral, tidak pilih kasih, tidak memihak pada salah satu calon, dan menyampaikan berita secara utuh dan benar selama gelaran pilkada.

“Judul yang menarik lebih disukai masyarakat untuk segera membaca, namun tetap kami berharap isi beritanya ‘adem’, dan sebelum diberitakan ke masyarakat, untuk dilakukan konfirmasi dari kebenaran berita tersebut,” sambung dia.

KPU Purbalingga juga telah membuat forum pers yang akan memberikan kejelasan lebih lanjut dari informasi yang diterima oleh wartawan sebelum diberitakan. Hal itu adalah bentuk koreksi dan pertanggungjawaban KPU untuk informasi yang diterima masyarakat.

“Karena bisa saja, berita itu datang dari berbagai sumber, mungkin dari salah satu komisioner KPU, atau bisa juga dari staff KPU, dan melalui forum itu kami akan koreksi sekiranya ada beberapa hal atau kalimat yang kurang pas,” kata Yuni.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.