Pawarta Pilihan

Ada 49 Desa Tertinggal dan 2 Desa Sangat Tertinggal di Purbalingga

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyebutkan masih ada 49 desa tertinggal dan dua desa sangat tertinggal di Kabupaten Purbalingga ini.

Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) diketahui bahwa dari 224 desa ada 49 desa masuk kategori desa tertinggal. dua desa kategori sangat tertinggal, 149 desa ketegori desa berkembang, 21 termasuk desa maju, dan tiga desa tidak ada datanya.

“Jika dirata-rata, IDM desa-desa di Purbalingga masuk kategori desa berkembang, atau desa madya, dengan skor 0,6394. Skor indeks ini terdiri atas Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL) 0,6375, Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) 0,5992, dan Indeks Ketahanan Sosial (IKS) 0,6817. Kategorinya desa berkembang atau madya,” Bupati Purbalingga Tasdi menjelaskan.

“Desa masuk kategori sangat tertinggal yakni Desa Tamansari, Kecamatan Karangmoncol dan Desa Kertanegara, Kecamatan Kertanegara,” kata Tasdi.

Desa Tertinggal digambarkan sebagai desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum, atau kurang mengelolanya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya.

Sementara Desa Sangat Tertinggal digambarkan sebagai desa yang mengalami kerentanan karena masalah bencana alam, goncangan ekonomi, dan konflik sosial sehingga tidak berkemampuan mengelola potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi, serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya.

“Desa tertinggal dan desa sangat tertinggal, tentunya menjadi perhatian kami untuk ditingkatkan skornya, paling tidak menjadi desa Maju. Pemkab akan melakukan penanganan khusus bagi desa-desa kategori tertinggal dan sangat tertinggal ini,” jelas Tasdi.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan