Pawarta

Semua ASN di Purbalingga Wajib Bayar Parkir

BRALING.COM, PURBALINGGA – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Purbalingga wajib membayar retribusi parkir jika melakukan parkir kendaraan di tepi jalan umum, baik ketika menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan dinas.

Bupati Purbalingga memberikan ketentuan itu melalui Sudar Edaran Bupati Purbalingga Nomor 974/0210/2018 tentang membayar retribusi parkir di tepi jalan bagi ASN sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sridadi menjelaskan SE Bupati beradarkan pada Perda Purbalingga Nomor 4/2012 tentang penyelenggaraan parkir di tepi jalan umum dan Perbup No 4/2017 tentang perubahan tarif retribusi pelayanan parkir di tepi jalan.

“Dengan adanya surat edaran tersebut dihara[kan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parker jalan umum. Kemudia sebagai ASN juga dapat memberikan keteladanan kepada masyarakat bahwasanya ASN taat bayar pajak,” kata Sridadi.

Namun, bagi ASN yang sedang melaksanakan tugas di jalan umum, seperti tugas pengamanan, perbaikan sarpras dan sebagainya, baik menggunakan kendaraan pribadi atau dinas tidak diwajibkan untuk membayar retribusi parkir.

Sesuai dengan Perbup Nomor 4 tahun 2017, tarif Rp 1 ribu untuk sepeda motor, Rp 2 ribu untuk jeep, sedan, minibus, pick up dan sejenisnya. Rp 3 ribu untuk truk dan bus roda empat, Rp 5 ribu untuk bus, truk dan kendaraan besar sejenisnya. Kemudian untuk truk gandeng dan trailer dan sejenisnnya Rp 7,5 ribu.

“Setiap pembayaran retribusi parkir untuk meminta bukti pembayaran atau karcis parker kepada juru parker yang memungut,” katanya.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan