Pawarta

Kekuatan Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Sedang Diuji

BRALING.COM, PURBALINGGA – Anggota DPR RI Komisi IX, Amelia Anggraini dari Fraksi NasDem menyebutkan bahwa sekarang ini kekuatan Pancasila sebagai ideologi bangsa sedang diuji.

Terlebih dengan semakin merebaknya wacana mengenai liberalisme, komunisme hingga radikalisme di Indonesia. Menurut Amelia Anggraeni, radikalisme tidak harus berwujud kekerasan fisik.

“Ideologi pemikiran dan kampanye yang masif serta demonstrasi sikap yang berlawanan dan ingin mengubah mainstream, juga dapat digolongkan sebagai sikap radikal,” kata Amelia yang merupakan anggota Fraksi NasDem ini.

Ujian terhadap ideologi Pancasila tidak hanya berasal dari luar, namun juga berasal dari dalam diri bangsa ini. Amelia menyebut setidaknya ada lima tantangan yang harus dihadapi bangsa.

Yakni masyarakat yang acuh dan kurang sosialisasi Pancasila, penegakan hukum dan peraturan yang lemah dan tidak adil, diskriminasi dalam penegakan hukum, peraturan di berbagai sektor dan hierarki yang tidak sinkron serta bertentangan.

“Kemudian yang kelima ialah semakin meningkatnya toleransi terhadap penghujatan dan yang bersimpati terhadap perongrong kewibawaan Pemerintah dan Ideologi Negara,” kata Amelia dalam sosialisasi MPR yang digelar di RM Wapo Purbalingga, 20 April 2018 lalu.

Dengan situasi seperti itu, perlu adanya kesadaran kolektif masyarakat di negara ini untuk lebih teguh dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam segala kehidupan.

“Sehingga akan terwujud kehidupan bermasyarakat yang harmonis di dalam perbedaan. Bhineka Tunggal Ika bisa benar-benar terlaksana,” kata Amelia pada peserta sosialisasi.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.