bandara purbalingga
Pawarta Pilihan

Pembangunan Bandara Soedirman Dijadwalkan Akhir April 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA – Bupati Purbalingga, Tasdi memastikan bahwa Peletakan batu pertama Bandara Jenderal Soedirman akan dilaksanakan akhir April 2018. Presiden Joko Widodo pun telah dijadwalkan hadir dalam momen itu.

Bupati Tasdi telah bertemu dengan Dirut PT Angkasa Pura ll (Persero) dan Menteri Perhubungan pada 6 April 2018 serta Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) pada 10 April demi memastikan kehadiran Presiden Jokowi. “Insyaallah Bapak Presiden mau hadir di Purbalingga,” kata dia.

Tim Koordinasi Angkasa Pura II yang terdiri dari unsur Corpotate Secretary, Operation Division dan EO Pacto juga telah melaksanakan kunjungan lapangan ke Lanud Jenderal Soedirman. Kunjungan dilakukan untuk memastikan lokasi peletakan batu pertama, survey jalur, persiapan lokasi dan pemantapan basic desain.

Ketua Tim Survey, Untung Basuki menuturkan survey juga dilakukan untuk mematangkan rencana pengoperasian bandara untuk mengakomodir kebutuhan panjang landasan sepanjang 1500 meter sehingga dapat didarati pesawat jenis ATR.

“Sampai saat ini kebutuhan lahan masih kita matangkan sehingga kedepan Bandara JB Soedirman ini dapat dikembangkan dengan panjang landasan 1600 meter sehingga mampu didarati pesawat jenis Boing,” jelas Untung Basuki.

Kabid Jaringan Transportasi dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Henggar Budi Anggoro berkata Provinsi Jawa Tengah sangat berkomitmen pada rencana pengembangan bandara JB Soedirman. Sesuai Mou, peran masing-masing pihak sudah ditentukan.

“Kami dari provinsi bertanggungjawab manakala dibutuhkan tanah tambahan  sesuai dengan RIP yang nanti akan disyahkan oleh Kementerian Perhubungan, kita ikuti disitu. Pada intinya provinsi tetap berkomitmen dan bila nantinya harus ada tambahan panjang landasan akan tetap kita penuhi,” kata dia.

Untuk 2018 ini sudah dimasukan dalam Rencana Anggaran Kegiatan (RAK) untuk penambahan landasan yang akan disesuaikan dengan RIP . “Untuk mendukung keberadaan bandara, nanti pada bulan Juni juga akan dilaunching pengoperasian BRT (Bus Rapid Transit) Purbalingga-Purwokerto,” imbuh dia.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.