Penilaian Desa Purbalingga
Uncategorized

Tim Evaluasi Pemberdayaan Desa Menilai Desa Rajawana

BRALING.COM, PURBALINGGA – Tim evaluasi pemberdayaan desa tingkat kabupaten melakukan penilaian ke Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol. Selain Rajawana, tim juga akan menilai Desa Karanganyar dan Desa Kalikajar di Kecamatan Karanganyar.

“Desa Rajawana ini masuk dalam rangking tiga besar, sehingga mendapatkan kesempatan untuk beradu dengan dua desa lainnya yaitu Desa Karanganyar dan Desa Kalikajar,” kata Kabid) Pemerintahan dan Administrasi Desa, Budy Santosa di Balai Desa Rajawana, Senin 16 April 2018.

Menurut Budy, Desa Rajawana masuk ke dalam kategori desa berkembang dengan nilai di atas 301 sampai 450. Selanjutnya penilaian di Desa Rajawana dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung tahapan keberhasilan yang dilakukan oleh desa.

“Terutama dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Jadi kita di sini akan berdialog dan berkomunikasi secara langsung dengan disertai bukti pendukung,” jelas Budy.

Desa Rajawana pernah menjadi juara pertama perlombaan desa dan kelurahan tingkat provinsi tahun 2006. Dengan prestasi yang pernah diraih, diharapkan ada banyak perubahan kaitannya dengan kemajuan, keberhasilan, dan kemandirian yang diperoleh Desa Rajawana. “Kita gali lagi dengan diperkuat data-data pendukung apakah ada kemajuannya atau tidak,” imbuh Budy.

Budy menjelaskan penilaian lomba pemberdayaan masyarakat desa melihat capaian kinerja aparatur desa yang dilaksanakan di berbagai bidang. Bidang yang menjadi pokok penilaian pemberdayaan masyarakat desa yakni bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Tiga bidang ini menjadi tolak ukur penilaian perkembangan desa yang dinilai dan nantinya akan dibandingkan dengan dua desa lainnya,” papar Budy seperti dikutip dari rilis Dinkominfo Purbalingga.

Budy berharap dengan adanya lomba pemberdayaan masyarakat desa ini maka Desa Rajawana mempunyai semangat dan dinamika untuk memajukan masyarakatnya. Sehingga, lanjutnya cita-cita untuk mensejahterakan masyarakat dapat tercapai.

Kepala Desa Rajawana, Mursi Abdullah mengatakan dengan adanya evaluasi dari tim kabupaten berkaitan dengan perkembangan desa dapat meningkatkan kinerja pemerintahan desa.

“Desa Rajawana bisa lebih maju, menjadi desa yang mandiri, sejahtera dan berdaya saing, serta berakhlakul karimah sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga,” Mursi Abdullah berharap.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan