Pawarta

Ayo Ikut Seleksi Pemuda Pelopor Purbalingga 2018

BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga menggelar Lomba Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Purbalingga 2018.

Lomba untuk memilih putra/putri  terbaik untuk menjadi delegasi Kabupaten Purbalingga di Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini mengacu pada Surat Gubernur Jawa Tengah Nomor : 427/1535 terkait Pelaksanaan Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018.

“Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun ini jatuh pada 16 Juli 2018, pesertanya merupakan pemuda pelopor terbaik I tingkat Kabupaten/Kota dari masing-masing bidang kepeloporan,” kata Kepala Dinporapar Purbalingga, Yanuar Abidin Selasa 22 Mei 2018.

Bidang kepeloporan yang akan dilombakan terdiri dari tiga bidang lomba yakni bidang pendidikan, bidang sosial, budaya dan pariwisata, serta bidang pangan. Pada bidang pendidikan, peserta diminta untuk membuat karya berupa inovasi, metodologi dan model pembelajaran, media dan alat bantu pembelajaran, teknologi pembelajaran, pengembangan dan pengelolaan pendidikan secara swadaya baik formal maupun non formal.

“Sub-sub bidang tersebut merupakan fenomena tindakan kepeloporan pemuda yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di daerahnya,” jelas Yanuar.

Sedangkan pada bidang sosial, budaya dan pariwisata, peserta harus mengajukan karya pada sub bidang sosial berupa penanggulangan bencana, pelayanan kesejahteraan sosial, tindakan kesukarelawanan dan prakarsa kemanusiaan.

Kemudian pada sub bidang budaya, peserta harus menyajikan berupa pemusik, penari, perupa dan pemeranan dengan mengutamakan karakteristik dan kearifan lokal untuk memelihara kebhinekaan serta mengharumkan budaya bangsa.

“Untuk pariwisatanya, peserta harus mengangkat potensi suatu daerah yang dimanfaatkan oleh masyarakat dengan menggunakan potensi sumber daya alam sebagai daya tarik pariwisata tingkat lokal, nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Karya pariwisata yang diangkat oleh peserta seleksi Pemuda Pelopor mampu berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga diapresiasi oleh banyak pihak dan pemerintah daerah setempat sebagai kepeloporan yang layak ditunjukan untuk mewakili daerahnya.

Yanuar menambahkan pada bidang pangan, peserta lomba dapat mengupayakan pengembangan potensi sumber daya di bidang pangan. Peningkatan tersebut harus mengutamakan peningkatan nilai guna, produksi, pengolahan, pemanfaatan, pengelolaan dan pemasaran produksi pangan guna meningkatkan kesehatan pangandan kecukupan gizi.

“Hal ini menuju pada tercapainya ketahanan pangan yang berdampak pada perekonomiandan kesejahteraan masyarakat. Karya para peserta ini harus nyata dan dilakukan secara konsisten serta manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” imbuh Yanuar.

Syarat peserta lomba Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Purbalingga Tahun 2018 yakni peserta merupakan WNI berumur 16 sampai dengan 30 tahun dengan melamirkan fotokopi KTP dan Akta Kelahiran, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Surat Keterangan dari Pemerintah Desa yang diketahui Kecamatan.

“Isinya mengenai kepeloporan yang dicapai peserta telah diimplementasikan dan sudah berjalan selama satu tahun atau lebih,” jelas Yanuar.

Persyaratan lainnya, ia melanjutkan peserta wajib mengirimkan profil calon peserta lomba yang meliputi data pribadi lengkap, gambaran umum tentang bidang kepeloporan berupa waktu pelaksanaan bidang tersebut, hasilnya, tantangan dan hambatan, terakhir  visi misi calon Pemuda Pelopor.

Pada berkas yang dikirimkan nanti, peserta juga melampirkan piagam penghargaan apabila ada, pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak empat lembar, dokumentasi aktivitas kepeloporan dan data dukung lainnya.

“Peserta dapat mendaftarkan diri di Dinporapar Purbalingga pada Bidang Kepemudaan dan Olahraga atau bisa juga menghubungi Kuswoyo di 081391113281,” jelasnya.

Juara I akan mendapatkan uang senilai Rp 2 juta, Juara II sebanyak Rp 1,5 juta, dan Juara III akan mendapatkan uang senilai Rp 1 juta. Untuk para pemenang juara harapan I, II dan III masing-masing mendapatkan uang pembinaan sebanyak Rp 750 ribu.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.