layanan e ktp purbalingga
Pawarta Pilihan

Libur Lebaran, Warga Bisa Urus Administrasi Kependudukan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Selama libur Lebaran 2018, warga Purbalingga tetap bisa menikmati layanan administasi kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Purbalingga.

Selama 11-20 Juni 2018, Dindukcapil Purbalingga memberikan layanan perekaman E-KTP, pembuatan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran/Kematian, Surat Pindah dan administrasi kependudukan lainnya pada pukul 09.00-12.00 WIB.

“Kecuali pada saat hari H tanggal 15 sampai 17 kami tidak membuka pelayanan kependudukan, setelah itu kami tetap membuka pelayanan seperti biasa hanya jamnya dari jam 9 sampai jam 12 siang,” kata Kepala Dindukcapil Purbalingga, Imam Sudjono.

Imam menjelaskan, di setiap kecamatan juga membuka pelayanan administrasi kependudukan. “Hanya saja di sana bukanya tanggal 13,14 kemudian 18, 19 Juni, karena di sana kan petugasnya hanya satu jadi tidak bisa gantian,” kata Imam.

Layanan di libur lebaran juga tidak lepas dari persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 serta Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.

Kata Imam, dari data Dindukcapil Kabupaten Purbalingga masih ada sebagian warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetapi belum melakukan perekaman.

“Mereka yang belum melakukan perekaman adalah saudara-saudara kita yang merantau di daerah lain, sehingga pada saat mereka mudik dapat memanfaatkan kesempatan untuk melakukan perekaman E-KTP,” kata Imam.

Perekaman KTP Elektronik yang dilakukan Dindukcapil Purbalingga memang lebih diprioritaskan terutama saat libur lebaran. Ia menuturkan, pada 27 Juni mendatang akan ada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018.

“Juni kemarin kita dari 9993 jiwa yang belum melakukan perekam E-KTP per april, kemarin tinggal 6800an lagi yang belum perekaman,”  paparnya.

Sekretaris Dindukcapil Purbalingga, Aksan Mahsuri menjelaskan pada saat libur nanti Dindukcapil Purbalingga menerjunkan sepuluh orang setiap harinya untuk melayani masyarakat. “Dan pak Kepala Dinas setiap hari datang, karena dokumen yang tanda tangan harus Kepala Dinas,” imbuh Aksan.

BANGKIT WISMO


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.