BRALING.COM, PURBALINGGA – Distribusi air bersih ke beberapa desa rawan kekeringan di Kabupaten Purbalingga masih terus dilaksanakan, hingga musim hujan tiba.

“Sebagai gambaran. Tahun 2018 lalu, PMI Purbalingga mendistribusikan bantuan air bersih hingga pekan awal November. Semoga tahun ini hujan lebih cepat turun,” kata Kepala Markas PMI Purbalingga, Yuli Lestari.

kekeringan purbalingga 2019  Distribusi Air Bersih Dilakukan Hingga Musim Hujan Tiba WhatsApp Image 2019 10 09 at 12
Sebaran daerah kekeringan dan distribusi air bersih PMI Purbalingga di Kabupaten Purbalingga

Yuli menjelaskan, hingga 8 Oktober 2019, PMI Purbalingga sudah mendistribusikan air bersih ke 31 desa di 9 kecamatan. Total, sudah ada 2,61 juta liter air dikirimkan untuk membantu 40.280 KK.

“Dibandingkan tahun lalu, penerima bantuan air bersih lebih banyak. Karena beberapa desa yang biasanya tidak meminta bantuan air bersih, malah tahun ini ada yang memintanya,” kata Yuli.

Untuk sumber distribusi air, PMI Purbalingga bekerjasama dengan sejumlah lembaga dan komunitas. Seperti Baznas Purbalingga, Perumbda Owabong, Komunitas Sebungkus Keberkahan, Gapura, Pemuda Pancasila Kecamatan Karanganyar, Basoskem GKI Purbalingga, hingga BPBD Jateng.

BANGKIT WISMO