BRALING.COM, JAKARTA – Bagi Generasi Y maupun Z, gaji bukan faktor utama dalam mempertimbangkan bertahan atau tidaknya mereka di suatu tempat kerja.

Karena itulah, generasi milenial dan generasi zaman now kerap lebih memilih perusahaan yang lebih kecil, meskipun gajinya juga nggak besar-besar amat. Lalu, apa yang mereka kejar?

“Sekarang ini, orang sukanya adalah belajar. Alasannya, kalau tidak terus belajar lama kelamaan kita akan menjadi tidak kompetitif dibandingkan dengan talent yang lain,” kata Eric Mary, Country Manager Robert Walters Indonesia, dikutip dari Marketeer.com.

Makanya, nggak heran juga kalau Gen Y dan Gen Z rela berpindah ke perusahaan yang skalanya lebih kecil, demi terus bisa berkontribusi yang lebih luas serta mendapatkan pengakuan.

Walaupun gaji merupakan hal penting bagi milenial, kesempatan untuk berkembang nyatanya menjadi poin yang lebih menarik di mata milenial.

Baca Juga: Pengunjung Membanjiri Festival Kopi Purbalingga 2019

Mereka tidak mau hanya berhenti di satu posisi yang sama dan melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya. Mereka ingin mendapatkan kesempatan meningkatkan kemampuan dan pribadi mereka.

Bahkan, brand multinasional Procter & Gamble (P&G) pernah melakukan riset internal pada tahun 2018 kemarin, terkait tiga hal utama yang dicari milenial saat mencari kerja.

Tiga hal tersebut yakni Gen Y & Z ingin memberikan dampak yang besar, mereka ingin untuk melakukan hal yang mereka anggap benar serta ingin belajar dan tumbuh.

“Learning and growing merupakan hal yang seharusnya diberikan perusahaan kepada mereka,” jelas Dedie Renaldi Manahera, Indonesia Country HR Leader at Procter & Gamble (P&G).

BANGKIT WISMO