BRALING.COM, PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga mengapresiasi aksi para relawan yang tergabung dalam Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI Purbalingga.

Apresiasi positif dari PMI Purbalingga itu tidak lepas dari aktivitas Relawan Sibat saat distribusi air bersih ke banyak desa di Kabupaten Purbalingga, ketika musim kemarau 2019 kemarin.

“Droping air bisa tepat sasaran ke warga yang membutuhkan, tidak lepas karena faktor Relawan Sibat yang memang dekat dengan warga. Mereka lebih mengenal masing-masing wilayah
nya,” kata Sekretaris PMI Purbalingga, M Ichwan.

“Karena kebanyakan dari Relawan Sibat merupakan unsur pemerintah desa hingga tokoh masyarakat, sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul ketika droping air di suatu desa, juga bisa diminimalisir,” kata M Ichwan.

Program Sibat merupakan bagian dari Bidang Relawan PMI Purbalingga. Mereka didorong untuk terus membantu dalam respon penanganan bencana alam di Purbalingga. Salah satunya masalah kekeringan.

Ichwan menjelaskan, dalam distribusi air bersih di Kota Perwira, PMI Purbalingga selalu berkoordinasi dengan BPBD Purbalingga. Namun, pelaksanaan teknis dilakukan oleh Relawan Sibat.

Ketika mendistribusikan air bersih, Ichwan menjelaskan, setelah mendapatkan jadwal dari BPBD Purbalingga, PMI Purbalingga berkomunikasi dengan Koordinator Sibat untuk membuat jadwal personil yang bertugas droping air sesuai jadwal yang sudah disusun.

BANGKIT WISMO