Uncategorized

Terkait Street Art, Pemkab Siap Memfasilitasi

BRALING.COM, PURBALINGGA – Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Kesenian pada Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Purbalingga, Sri Pamekas SPd menegaskan pemerintah mengapresiasi para pegiat street art yang terus tumbuh.

Namun, perempuan yang akrab dipanggil Pamekas itu tetap meminta agar pegiat seni jalanan ini harus memiliki konsep yang jelas. Setelah berkeseniannya konsep jelas, pemkab siap untuk berdiskusi kapan saja.

“Kita duduk bersama dan berdiskusi, sehingga kami bisa menampung apa yang mereka inginkan. Mereka juga bisa memahami keinginan kami,” kata Pamekas, tengah pekan ini.

Sejauh ini, ia mengatakan, Pemkab Purbalingga gencar dalam menggarap program kesenian. Revitalisasi terhadap puluhan kelompok seni dilakukan dengan memberikan bantuan dana meskipun jumlahnya tidak terlalu besar.

Mengenai banyaknya seni grafiti dan mural di Kota Perwira, Kasi Pengendalian dan Operasi (Dalops) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Purbalingga, Teguh Sungkono menyebut hal itu tidak mengganggu.

Sebab, seni mural dan grafiti itu berbeda dengan aksi corat-coret yang hanya berisi kata-kata kotor dan jorok atau vandal. “Terlebih lagi jika mereka yang menggambar telah izin pada pemilik tembok,” katanya.

Sebelumnya, muncul anggapan seni grafiti dan mural disamakan dengan aksi vandalisme. Imbasnya, seniman street art pun memilih tiarap dan tidak melanjutkan aksi berkeseniannya.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.