BRALING.COM, PURBALINGGA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Perwira, Sri Wahyuni menyebut banyak faktor yang menyebabkan masyarakat ogah menggunakan hak suaranya dalam pemilihan umum.

Faktor itu di antaranya, faktor output pemilu itu sendiri. “Hasil dari pelaksanaan pemilu sekarang ini tidak sesuai harapan masyarakat. Cenderung mengkhianati bangsa,” kata Sri Wahyuni.

Saat pembukaan sarasehan tentang Pemilu 2014 di Gedung Andrawina Owabong Cottage Sabtu (7/12), Sri Wahyuni mengatakan, selain faktor itu juga adanya kejenuhan masyarakat akan banyaknya pemilihan umum.

“Masyarakat menjadi semakin pesimistis terhadap pemilu dan hasilnya,” kata Sri Wahyuni. Untuk mendorong pemilu yang demokratis, KPU Purbalingga sudah membentuk Relawan Demokrasi dari berbagai elemen.

Wabup Sukento Ridho Marhendrianto mengakui masyarakat sudah semakin tidak percaya politisi karena banyaknya politisi yang tidak bisa dipercaya, setelah ia terpilih.

“Masyarakat memang harus diedukasi. Bukan hanya untuk datang memilih tapi jangan sampai memilih kucing dalam karung,” kata Sukento yang menjadi pembicara kunci sarasehan itu.

BANGKIT WISMO