BRALING.COM, PURBALINGGA – Partai Amanat Nasional (PAN) Purbalingga berniat mengajukan nama calon wabup yang bakal mendampingi Sukento Rido Marhaendrianto jika mekanismenya tidak terlalu rumit.

“Jika tidak rumit mekanismenya, PAN akan mencalonkan nama sendiri. Tapi jika masing-masing partai mengusulkan nama, yang bingung Pak Kento. Sedangkan beliau mengaku sudah mengantongi 25 nama,” kata Bendahara DPD PAN Purbalingga, Mugo Waluyo.

Pemilihan cawabup melewati beberapa tahap. Dimulai dari penjaringan oleh masing-masing partai politik pendukung. Parpol pengusung Heru Sudjatmoko dan Sukento adalah PDIP, PAN, PKB dan PKS.

Setelah itu, digelar dialog di kalangan parpol pengusung untuk mencari kesepakatan oleh para partai pendukung untuk mendapatkan dua nama yang akan diajukan ke Bupati.

Sehabis nama didapat, nama tersebut akan dibahas dalam rapat paripurna di tingkat DPRD. Menurut Mugo yang juga Wakil Ketua DPRD Purbalingga ini, tahap ini juga tidak sederhana.

Diperlukan 3/4 suara dari seluruh anggota dewan, setara 34 orang. Sedangkan total anggota dewan dari empat partai pengusung sendiri hanya terdapat 27 orang.

BANGKIT WISMO