Uncategorized

Komda Lansia Jateng : Lansia juga Butuh Perhatian

BRALING.COM, PURBALINGGA – Drs Soemartono Sekretaris I Komisi Daerah Lansia (Komda Lansia) Jawa Tengah meminta pemerintah kabupaten lebih peduli terhadap para lansia di Kota Perwira.

“Yang dibutuhkan lansia adalah perhatian dari keluarga serta masyarakat sekitar, selain itu mereka juga butuh perhatian dari pemerintah agar dapat menikmati sisa hidupnya dengan perasaan tenang,” kata Soemartono.

Sumartono menyampaikan hal tersebut kepada Pemkab Purbalingga melalui Kepala Bappeda Purbalingga dan beberapa pejabat di Ruang Rapat Bupati Gedung B Setda Purbalingga, Selasa (3/12).

Peran tersebut, dijelaskan Sumartono, terutama nampak pada melibatkan lansia pada proses pemberdayaan dan juga anggaran khusus dialokasikan untuk para lansia.

“Karena kebanyakan dari mereka di masa tua hidupnya masih ada yang terlunta-lunta,” kata Sumartono. Komda Lansia sendiri bertugas membantu peningkatan kesejahtaraan sosial lansia.

Kabid Asistensi Sosial pada Dinsosnakertrans Purbalingga Rini Widiati berkata, pemberdayaan terhadap lansia di Kota Perwira terus berjalan. Hanya saja, anggarannya masih tersebar di banyak dinas.

Di antaranya melalui kegiatan penanganan lansia terlantar melalui Dinsosnakertrans, posyandu lansia, bina keluarga lansia, bantuan UEP bagi lansia produktif sampai dengan pembinaan organisasi lansia.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.