Uncategorized

MTS Muhammadiyah 07 Uji Roket Air Terbaru

BRALING.COM, PURBALINGGA – Siswa MTs Muhammadiyah 07 Kejobong melakukan uji coba untuk mengembangkan roket air generasi baru. Uji coba perdana dilaksanakan Senin (2/12) di sekolah.

“Kami siap membuat roket generasi baru dengan modifikasi bentuk body dan sayap, dengan barang bekas dan sederhana yang masih dapat dimanfaatkan” kata seorang siswa.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Indra Utama SPd mengatakan, kegiatan itu untuk mendorong siswa lebih kreatif di bidang iptek. Pekan lalu, sekolah itu juga menggelar festival roket air.

Roket air merupakan sebuah benda yang sederhana namun dapat meluncur jauh dan tinggi apabila diisi dengan air sebagai bahan bakarnya dan tekanan udara sebagai gaya dorong yang menekan air tersebut.

“Roket tersebut terbuat dari botol bekas air minum. Namun botol yang banyak digunakan adalah yang besar ukuran satu liter” tutur Indra Utama menjelaskan.

Dalam hukum Fisika, apabila suatu benda diberi aksi maka benda itu akan memberikan reaksi. Jadi, air dan udara yang keluar dari dalam botol menyebabkan botol terdorong berlawan arah dari keluarnya air dan udara.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan bahwa Semakin kuat tekanan yang diberikan maka roket akan meluncur semakin jauh. Begitu dijelaskan sedikit mengenai system kerja roket air.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.