BRALING.COM, REMBANG – Setidaknya 500 pohon ditanam serempak di kawasan lokasi wisata Curug Kali Karang Desa Tanalum, Rembang, Minggu (12/1). Selain untuk penghijauan, kegiatan itu juga untuk ajang promosi wisata.

“Ada banyak tempat wisata yang khas dan potensial di Kecamatan Rembang tapi belum banyak mendapatkan perhatian dari pemerintah, salah satunya Curug Kali Karang ini,” kata Ketua Panitia, Taat Priyanto.

Penanaman 500 pohon dan penghijauan itu digagas oleh Paguyuban Wisata Rembang Purbalingga (Pawangga), Bank Sampah Resik Mandiri Desa Sumampir dan LapackPala Desa Sumampir.

Ribuan warga desa, wisatawan lokal dan aktivis pecinta alam menghadiri seremonial yang sempat digurur hujan itu. Danramil 13 Rembang, Kapten Arm Sudiyo pun menerjunkan personelnya untuk membantu jalannya acara.

Taat yang juga ketua Pawangga mengatakan, penanaman pohon yang disambut antusias warga itu menjadi gelaran pamer potensi wisata. “Kedepan Curug Kali Karang bis ajadi lokasi wisata alternatif,” ujar dia.

Camat Rembang, Suwarto mengemukakan, salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong optimalisasi wisata di Rembang adalah pengaspalan jalan dari Pasar Pon ke Curug Kali Karang.

Suwarto berharap, masyarakat bisa merawat jalan tersebut. “Kami juga merasa perlu adana pihak ketiga untuk bisa berinvestasi. Sehingga setelah tertata akan banyak wisawatan datang ke sini,” tuturnya.

Sekda Purbalingga, Imam Subiyakto menyambut baik niatan warga tersebut. Ia berpesan agar warga terus meningkatkan berperilaku yang baik agar semakin banyak wisatawan yang nyaman datang ke Rembang.

BANGKIT WISMO