BRALING.COM, PURBALINGGA – Sebanyak 21 karya pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Purbalingga yang mengikuti Sayembara Cerita Muda Purbalingga (SCMP) 2013 sudah memasuki masa penjurian.

“Ide cerita fiksi mini yang dikirimkan peserta cukup menarik. Mereka betul-betul memiliki cara pandangnya sendiri terhadap Purbalingga,” kata Ketua Panitia SCMP 2014, Putri Antika.

Tahun 2014 ini, Kelas Menulis Purbalingga mengangkat tema Petualangan Menyusuri Kota Perwira sebagai tema SCMP 2014. Tema SCMP memang dikhususkan untuk berbicara tentang Purbalingga.

Untuk gelaran di tahun kedua ini, Kelas Menulis Purbalingga menggandeng Direktur Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, Bowo Leksono dan penulis lepas asal Bukateja, Khadis sebagai jurinya.

Dijelaskan, dari 21 karya fiksi mini yang dikirim kebanyakan siswa SMA dan didominasi kaum hawa. Menurut Putri, yang patut dicermati adalah kebanyakan peserta tidak berasal dari sekolah di perkotaan.

“Ini menunjukan bahwa minat menulis dan semangat berkreasi tidak hanya dimiliki oleh siswa di kota, yang memiliki akses informasi tinggi,” ujar dia. Selain dari Purbalingga, peserta juga berasal dari wilayah Bukateja, Karanganyar dan Bobotsari.

Antusiasme terhadap karya fiksi mini 500 kata merupakan bukti bahwa pemuda Purbalingga sangat haus untuk berkreasi. Hanya saja mereka masih kekurangan ruang berkreasi dan berekspresi.

Pengumuman pemenang SCMP 2014 digelar Minggu (26/1) depan di Markas CLC Purbalingga, Jalan Puring Purbalingga. Tiga karya terbaik SCMP 2014 akan dipublikasikan di Satelit Post.

BANGKIT WISMO