BRALING.COM, PURBALINGGA – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga menegaskan aktifitas Gunung Slamet yang meningkat tidak menggoyahkan dunia pariwisata Kota Perwira.

Sebab, Kabid Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga, Prayitno mengatakan, lokasi obyek wisata jauh dari kawasan rawan bencana (KRB) yang ditetapkan oleh PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM.

Kecuali pos pendakian Gunung Slamet yang kini ditutup, obyek wisata lainnya aman dikunjungi. “Obyek wisata Goa Lawa yang berada di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, juga masih aman dikunjungi,” ujar ia.

Prayitno mengakui pemberitaan soal status Gunung Slamet sempat membuat banyak wisatawan yang khawatir akan dampak erupsi. Ini juga diiyakan oleh Humas Owabong Agus Dwiyantoro pada kesempatan terpisah.

Ia mengatakan, dengan memperhatikan zoba KRB Gunung Slamet yang telah ditetapkan PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, maka jelas obyek wisata di Purbalingga tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi.

“Jadi, wisatawan yang sudah menjadwalkan datang ke Purbalingga untuk berlibur tidak perlu terpengaruh isu-isu yang tidak benar,” kata Prayitno.

Sementara itu Agus mengaku sudah bisa meyakinkan wisatawan terkait keamanan berwisata di Kota Braling. “Setelah kami jelaskan, maka mereka yakin dan tetap menyatakan akan berkunjung ke Purbalingga,” kata Agus.

BANGKIT WISMO