BRALING.COM, PURBALINGGA – Film “Mana Janjimu?” garapan pelajar SMP Negeri 4 Satu Atap Karangmoncol Purbalingga diganjar sebagai film pendek pilihan Kategori Juri Indonesian Motion Pictures Association (IMPAS) pada ajang XXI Short Film Festival 2014.

Saat menerima penganugerahan kategori pilihan juri IMPAS di Epicentrum XXI, Kuningan Jakarta, Minggu (16/3) malam, sutradara film, Eko Junianto meminta pemerintah menambah fasilitas kelas yang selama ini didambakan oleh siswa dan guru.

“Untuk pemerintah, saya minta (dibuatkan) kelas. Bu Menparekraf (Mari Elka Pangestu) tolong disampaikan ya,” ucapnya lugu saat menerima penghargaan. Eko mempersembahkan prestasi itu untuk sekolah dan perfilman Purbalingga.

Film yang pernah meraih penghargaan dokumenter terbaik Kompetisi Dokumenter Pelajar Banyumas Raya 2013 ini berkisah tentang pemilihan Ketua OSIS di SMPN 4 Satu Atap Karangmoncol yang digelar pada September 2013.

Film itu memotret janji-janji yang diucapkan calon ketua OSIS sebagai bentuk kondisi politik nasional dalam kacamata pelajar.

Karyanya mampu menarik perhatian juri IMPAS yang merupakan pekerja film professional di sembilan asosiasi yakni Indonesian Film Directors Club (IFDC), Rumah Aktor Indonesia (RAI), Indonesian Motion Picture and Audio Association (IMPAct), Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (Pilar), Asosiasi Produser Film Indonesia (AProFI), Sinematografer Indonesia (SI), Indonesian Film Editors (INAFEd), Indonesian Production Designers (IPD), Asosiasi Casting Indonesia (ACI).

“Penghargaan Kategori Pilihan Juri IMPAS ini cukup bergengsi karena film yang mendapat penghargaan dianggap memiliki visi paling unik yang dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan film Indonesia di masa depan,” kata Direktur Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, Bowo Leksono.

Dijelaskan Bowo, pada ajang XXI Short Film Festival 2014 memberikan 8 penghargaan, di antaranya Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik, Animasi Terbaik, Dokumenter Terbaik, Fiksi Naratif Pilihan Media.

Aris Prasetyo, pembina ekstrakurikuler sinematografi Sawah Artha Films SMPN 4 Satu Atap Karangmoncol mengatakan, prestasi ini diharapkan dapat memacu semangat siswanya untuk terus berkarya.

“Film sudah menjadi daya tarik bagi anak-anak di sekitar Kecamatan Karangmoncol untuk bersekolah. Kami berharap bisa terus berkarya setiap tahun,”kata guru honorer ini yang ikut mendampingi siswanya ke Jakarta.

SUKMA NUGRAHA

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •