BRALING.COM, REMBANG – Jembatan gantung di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang bakal dipermanenkan. Rencana tersebut paling cepat bisa direalisasikan pada tahun 2015 mendatang.

“Jembatan akan dibangun menjadi jembatan permanen. Untuk tindak lanjut sudah saya koordinasikan dengan Pak Bupati,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau jembatan yang menghubungkan dengan Dusun Sumingkir, Jumat (16/5).

Didampingi Bupati Sukento Rido Marhaendrianto dan Camat Rembang Suwarto, Ganjar Pranowo berjalan melintasi jembatan gantung. Jembatan yang sudah rusak ini adalah satu-satunya akses yang dapat dilalui warga Dusun sumingkir untuk beraktifitas.

Rencananya jembatan akan dibangun dengan lebar 4 meter dengan panjang 62 meter ini dan di perkirakan akan menghabiskan dana sebesar 8 milyar rupiah. Anggaran perbaikan jembatan diambil dari dana APBD 1 dan APBD 2 Tahun Anggaran 2015.

“Karena anggaran untuk tahun 2014 tinggal pelaksanaannya saja, maka untuk pembangungan jembatan gantung ini di masukan dalam APBD 2015 nanti,” Ucap Suwarto.

Tak hanya memperbaiki jembatan gantung, pemerintah juga bakal membuka jalur dari Dusun Sumingkir ke Dusun Karangtengah dan Karanganyar. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih mudah dan efektif mengakses daerah luar.

“Semoga dengan kunjungan Pak Gubernur tadi, mimpi panjang warga Dusun Sumingkir untuk memiliki jalan dan jembatan yang baik akan segera terwujud dan tidak hanya menjadi mimpi panjang tanpa akhir,” harap Nani Fatmawati, 32 tahun, warga setempat.

INA FARIDA