BRALING.COM, PURBALINGGA – Pada Juni ini, Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga memutar  film-film dokumenter puitis dalam program Bioskop Rakyat (Biora).

Biora edisi Juni akan digelar Sabtu (21/6), mulai jam 19.30 di Markas Besar CLC jalan Puring nomor 7, selatan Alun-alun Purbalingga. Pemutaran film ini terbuka untuk umum dan gratis.

Film dokumenter puitis yang diputar adalah buatan sutradara mancanegara. Usai pemutaran ada diskusi bersama Direktur CLC Bowo Leksono, Asep Triyatno seorang editor film, dengan moderator Canggih Setyawan.

Film-film yang akan diputar antara lain, “Symphony Diagonale” karya Viking Eggeling dari Swiss tentang pengembangan gagasan tandingan elemen linear, pengertian grafis dikembangkan secara berurutan dan berhubungan satu sama lain dalam bentuk vertikal atau gulir, menggunakan film untuk memberikan gulungan bentuk kinetik.

Film dari Belanda “Regen” yang disutradarai Mannus Franken, Joris Ivens tentang hujan yang turun di kota Amsterdam. Sementara Chris Marker dari Perancis dalam “San Soleil” menyambung potongan-potongan gambar dari film Hitchcock, gambar dari film ataupun footage berita lain, maupun gambar yang ia rekam sendiri. Film dinarasikan oleh suara wanita sedang membacakan sebuah surat dari seorang juru kamera.

Penanggung jawab Biora Canggih Setyawan mengatakan, kali kedua, program regular Biora bekerjasama dengan In-Docs Jakarta. “Pemutaran film dari CLC merupakan tawaran bagi siapapun untuk mengapresiasi dan berdiskusi lewat medium film,” tuturnya.

BANGKIT WISMO