BRALING.COM, PURBALINGGA – Sebanyak 50 pelajar SMA, SMK dan MAN di Purbalingga akan mengikuti perkemahan Satuan Karya (Saka) Pariwisata di Bumi Perkemahan Munjulluhur, Sabtu – Minggu (21-22/6).

Saka Pariwisata adalah upaya peningkatan kemampuan anggota gerakan pramuka di bidang kepariwisataan.  Saka ini binaan Dinbudparpora dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Purbalingga.

Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, Saka Pariwisata merupakan wadah pendidikan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membina dan mengembangkan ketrampilan di bidang pariwisata.

Dalam Saka Pariwisata ada tiga krida yakni Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Wisata, dan Krida Kuliner Wisata. Tiga krida itu diharapkan bisa menyukseskan Sapta Pesona Wisata.

“Kami prihatin dengan perilaku sebagian generasi muda yang memiliki masalah, mulai penggunaan obat terlarang hingga perilaku kriminal, dan kami pikir dengan kegiatan kepramukaan melalui Saka Pariwisata,” kata Prayitno.

Selama perkemahan, peserta mendapat materi tentang kepariwisataan dan kepramukaan, mengenal lebih dekat obyek wisata Sanggaluri Park dan mengikuti prosesi atraksi “Bersih Sumber dan Ruwat Bumi” di Owabong.

BANGKIT WISMO