BRALING.COM, PURBALINGGA – Forum for Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) menggelar pelatihan rescue bagi operator wisata air di Purbalingga.

Pelatihan di gelar di Aula Bappeda dan di Basecamp Tirta Seta di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, 24–25 Juni 2014. Peserta pelatihan berjumlah 25 orang yang berasal dari sejumlah pokdarwis.

Ketua panitia kegiatan FEDEP, Ir Cipto Utomo MSi mengatakan, pelatihan bertujuan untuk meningkatnya pengetahuan dan wawasan pokdarwis dan kelompok masyarakat dalam mengelola wisata berbasis sungai.

“Untuk meningkatnya keterampilan dalam teknik penyelamatan basic life supportdalam air, serta membina jejaring dan koordinasi antar pelaku olah raga dan wisata air termasuk SAR Purbalingga,” kata Cipto Utomo.

“Materi pelatihan terdiri dari teori dan praktek penggunaan alat dasar keselamatan, teknik melempar dan menggulung tali, renang jeram dan karakteristik sungai, manajemen wisata air, base life support, serta penyelamatan pertama pada korban tenggelam,” jelasnya.

BANGKIT WISMO