BRALING.COM, REMBANG – Hidup dan sekolah di daerah yang jauh dari pusat kota tak menghalangi Angger Putri Tanjung, 18 tahun, untuk berprestasi di level internasional.

Angger Putri Tanjung yang adalah siswi SMAN 1 Rembang Purbalingga yang lulus tahun ini berhasil menorehkan prestasi di lomba Desain Grafis se-Asia Pasik di Tokyo Art Center, 3-7 Juli 2014 kemarin.

Poster “Tolerance is Beautiful” mengantarkan Angger meraih medali emas di ajang itu. Kemenangan ini dirasa sangat luar biasa. Angger menjadi wakil Indonesia dan berhasil mengalahkan 144 Negara  yang ikut di Jepang.

“Sebelummnya saya tidak pernah berharap, namun guru pembimbing saya pak Susiawan Haryanto selalu mengatakan untuk tetap optimis,” ungkap Angger kepada Braling.Com setelah pulang ke rumah.

Angger mengaku mendapatkan inspirasi saat ia jalan-jalan di Jogyakarta. Saat itu, ia melihat penjual grontol di emperan toko emas yang tidak di usir oleh penjual emas padahal toko tersebut sedang ramai oleh pengunjung.

Melalui poster yang saya buat, saya ingin menyampaikan  pada dunia bahwa kita harus toleransi terhadap satu sama lain. Banyak masalah di dunia yang lahir dari ketidaktoleransian terhadap sesama,” imbuh bungsu dari dua bersaudara yang bercita-cita menjadi desainer grafis ini.

Kemenangan Angger pun disambut suka cita oleh semua pihak. Orang tua, guru dan juga pemerintah kabupaten. “Alhamdulillah, semoga bisa jadi inspirasi bagi yang lain untuk ikut berprestasi,” kata Puji Rahayu P, guru SMAN 1 Rembang.

INA FARIDA