BRALING.COM, PURBALINGGA – Masyarakat yang tinggal di wilayah perdesaan diminta untuk mewaspadai peredaran barang kedaluwarsa yang beredar di toko-toko maupun pasar.

“Masyarakat  khusunya di wilayah pedesaan dihimbau teliti, serta berhati-hati saat membeli barang kemasan. Lihat dulu tanggal kadaluwarsanya, atau warna produk yang mencurigakan,” ujar Sugeng Santoso.

Sugeng adalah Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga. Awal pekan ini, Pemkab menggelar Operasi Pengawasan Makanan dan Minuman di Kecamatan Karangmoncol, Senin (14/7). 

Tim gabungan terdiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, serta Pukesmas Karangmoncol. Tak ada temuan dalam operasi itu.

“Setelah operasi pengawasan, kepada pedagang yang kedapatan menjual barang kedaluwarsa, kita (dinas-red)  akan memberikan teguran dan meminta surat pernyataan tidak menjual  kembali barang-barang berbahaya dan kedaluwarsa,” tambahnya.

Menurut Sugeng, pihaknya tidak dapat menyita barang yang sudah kedaluwarsa, dan hanya  berwenang memberikan peringatan. Apabila masih membandel, maka akan dilaporkan ke instansi yang lebih tinggi bahkan kepada pihak kepolisian.

BANGKIT WISMO