BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga memproyeksikan penggunaan dana Bantuan Gubernur Jawa Tengah senilai Rp 20 Miliar guna membuka aksesibilitas wilayah di Kota Perwira.

Dana itu dialokasikan pemerintah dalam Rencana Anggaran Penerimaan Belanja Daerah (RAPBD) 2014. Pemkab meyakini dana itu akan meningkatkan kualitas di bidang kesehatan, perekonomian dan pariwisata.

“Penyediaan dan peningkatan infrastruktur merupakan kebutuhan mendesak yang tak terhindarkan, dan hal tersebut diyakini sebagai pengungkit utama bangkitnya perekonomian daerah, serta sebagai bentuk pelayanan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujar Bupati Sukento Rido Marhaendrianto.

Ia mengemukakan itu saat Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Purbalingga Tentang Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun 2014, Kamis (10/7).

Dijelaskan, tambahan alokasi tersebut antara lain untuk pembangunan Jembatan, pemeliharaan berkala jalan, peningkatan jalan dan pembangunan lampu Stadion Goentoer Darjono.

Lalu guna pengadaan peralatan medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Goeteng Taroenadibrata, peningkatan/ penyediaan prasarana penunjang Terminal Purbalingga, dan peningkatan atau penyediaan sarana lalu lintas.

“Dalam RAPBD Perubahan TA 2014, urusan pekerjaan umum tetap merupakan prioritas, dimana plafon anggaran sementara yang telah disepakati bersama sebesar Rp 32,3 Milyar,” ujar dia.

Anggaran di RAPBD 2014 itu untuk membiayai tujuh program, yang meliputi 56 kegiatan. Dalam daftar pekerjaan itu di dalamnya juga terdapan penganggaran kembali pekerjaan putus kontrak pada tahun 2013.

BANGKIT WISMO