Uncategorized

Aset Unsoed Diduga Berpindah ke Tangan Mantan Kapolres Purbalingga

BRALING.COM, PURWOKERTO – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melaporkan dugaan penjualan aset berupa tanah ke Polda Jawa Tengah secara illegal. Tanah hampir seluas satu hektare itu ada di Desa Serang Kecamatan Karangreja Purbalingga diduga telah dijual.

Dulunya, tanah perbukitan yang letaknya di desa wisata itu bersertifikat milik Unsoed. “Saya mewakili dosen sudah melaporkan penjualan aset ini ke Polda Jawa Tengah,” kata Tengku Junaidi, Senin (18/8) kepada wartawan, usai melaporkan temuannya ke Rektor Unsoed.

Junaidi menjelaskan, tanah tersebut bersertifikat milik Unsoed tertanggal 2 Februari 1999. Tapi, berdasarkan dokumen jual beli tanah tahun 2008, tanah itu sudah dijual seharga Rp 30 juta ke mantan Kapolres Purbalingga berinisial WWW.

Di data desa tanah tersebut juga sudah berganti kepemilikan. Padahal, sebelumnya tanah tersebut biasa digunakan mahasiswa Fakultas Pertanian Unsoed mengadakan pelatihan pertanian.

Junaidi berharap, Rektor Unsoed mewujudkan janji untuk bersih-bersih dari perilaku korupsi. “Ini perbuatan orang dalam Unsoed, kami berharap Unsoed melakukan pendataan aset kembali agar ke depan tidak terulang lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dusun 4 Desa Serang Mugirin pun mengemukakan bahwa tanah tersebut bukan milik Unsoed lagi. “Sudah dijual ke mantan Kapolres,” katanya. Mugirin sendiri mengaku sempat kaget karena tanah Unsoed bisa dijual ke orang lain.

Tanah tersebut sekarang sertifikatnya sudah atas nama mantan Kapolres. “Bukti pembayaran pajak juga sudah atas nama dia,” imbuh Mugirin.

Wakil Rektor Bidang IV Unsoed, Sigit Wibowo Dwi Nugroho mengatakan, Unsoed saat ini sedang meneliti laporan tersebut. “Masih kami teliti, apa benar itu aset Unsoed,” katanya.

Ia mengatakan, menjual aset negara bukan merupakan hal yang mudah. Ada sejumlah prosedur yang harus ditempuh hingga sebuah aset milik negara bisa dijual.Tiap tahun, kata dia, Unsoed melakukan pendataan aset. “Kami masih menunggu hasil laporan Tim terkait temuan ini,” ujarnya.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *