BRALING.COM, PURBALINGGA – Belasan pemuda bahu-membahu menancapkan layar di sebuah pelataran warga, Senin (18/8). Mereka adalah panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-69 Dusun Sprit RT 03 RW III, Desa Makam, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

Anak-anak tampak berlarian, senang karena malamnya akan digelar pemutaran film sebagai hiburan warga. Suasana sama, pada jam dan hari yang sama terjadi di lapangan Desa Kertanegara, Kecamatan Kertanegara, Purbalingga.

Program Layar Tanjleb Agustusan dari Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, malam itu digelar dua titik sekaligus. Pada sambutannya, Ketua RT 03 RW III Desa Makam Fuad Iskandar, merasa gembira melihat warga guyub berkumpul.

“Ini kesempatan baik bagi warga untuk memupuk kerukunan. Harapannya, tontonan film ini selain mendidik juga menjadi tontonan yang aman dan nyaman bagi warga,” tutur Fuad Iskandar.

Baik di Desa Makam maupun Desa Kertanegara, pemutaran film layar tanjleb dijadikan sebagai malam puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI. Pada kesempatan itu, sekaligus untuk membagikan hadiah pada para pemenang beragam lomba yang sempat digelar hari-hari sebelumnya.

Penanggung jawab Program Layar Tanjleb Agustusan CLC Canggih Setyawan mengatakan, seperti halnya desa dan kelurahan lain, CLC juga memfasilitasi pembuatan dokumentasi video sekaligus foto rangkaian kegiatan agustusan. “Video dokumentasi ini turut diputar di layar tanjleb dan seluruh warga akan menantinya,” katanya.

Sementara ada enam film pendek dan panjang yang diputar, yaitu “Duren” dari SMA 2 Purbalingga, “Selendang Lengger” dari SMA Rembang Purbalingga, “Sekuntum Anggrek Putih” dari SMA Bukateja Purbalingga, “Lembar Jawaban Kita” sutradara Sofyana Ali Bindiar, “Rena Asih” sutradara Lingga Galih Permadi dan “Pasukan Berani Mati” sutradara Imam Tantowi.

Setelah menggelar di 5 titik pemutaran di Banyumas Raya, program layar tanjleb masih berlanjut. Berikutnya, Sabtu, 23 Agustus 2014 di Desa Timbang, Kecamatan Kejobong, Purbalingga dan Desa Kanding, Kecamatan Somagede, Banyumas

BANGKIT WISMO