Uncategorized

Purbalingga Targetkan Surplus 10 Juta Ton Beras

BRALING.COM, PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga menargetkan mampu surplus 10 juta Ton beras pada tahun 2014. Pemkab juga optimis untuk meningkatkan kualitas dan luasan sawah irigasi, memperkuat kegiatan penyuluhan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan Kabupaten Purbalingga Zainal Abidin mengakui bahwa target itu membutuhkan langkah-langkah komprehensif diantaranya dengan peningkatan kualitas, kuantitas benih, serta pemberian pupuk berimbang.

Selain itu, juga pengembangan penelitian aplikatif, dan terobosan, serta meperkuat kerjasama, dengan mitra usaha. Untuk mendukung hal tersebut, Kementrian Pertanian yang didukung dana APBD Kabupaten Purbalingga pada tahun 2014 dilaksnakan program peningkatan produksi, serta produktivitas, dan mutu hasil pertanian.

“Program tersebut, diantaranya pengembangan system of rice intensification (SRI) perbaikan saluran irigasi pada 27 lokasi. Pengembangan irigasi partisipatif sebanyak tiga paket pembangunan jalan pertanian sebanyak lima paket dan pembangunan dam parit sebanyak 14 paket, serta pembangunan irigasi air permukaan sebanyak dua paket,” jelasnya.

Program lainya adalah menargetkan produksi benih padi pada UPTD Perbenihan Dintanbunhut tahun 2014 sebanyak 69.360 Kg, yang terdiri dari variates Situbagendit, IR 64, Ciherang, Logawa, serta Inpari Mugibat. Dan realisasi produksi sampai dengan bulan Juli 2014 telah mencapai 35. 775 Kg.

Untuk mengatasi kendala produktivitas pertanian, Pemkab mengandalkan Bendung Slinga. Bendung Slinga direncanakan dapat mengoncori 6.300 Hektar, sampai dengan saat ini baru dapat mengoncori 435, 65 Hektar.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *