Gaya

Tiga Film Purbalingga Lolos Nominasi FFDi 2014

BRALING.COM, DIENG – Sebanyak tiga film pendek karya pelajar Purbalingga lolos nominasi Festival Film Dieng (FFDi) 2014 yang diumumkan panitia, Selasa (26/8). Tiga film itu akan diputar bersama 18 film lain pada sesi screening di gedung Museum Kaliasa, komplek Candi Arjuna, Dieng, 30-31 Agustus.

Pada kategori dokumenter pendek, dua film asal Purbalingga yakni “Penderes dan Pengidep” karya Achmad Ulfi dari SMA Kutasari dan “Segelas Teh Pahit” karya Anastasya Dyah Tyas Utami dari SMAN 1 Rembang lolos kurasi.

Sementara kategori fiksi, hanya film “Duren” karya sutradara Danang Bagus Prasetyo dari SMAN 2 Purbalingga yang berhasil lolos.  Direktur FFDi, Budhi Hermanto mengemukakan, pemutaran dilaksanakan sebelum pengumuman pemenang.

Dia mengatakan, film tersebut lolos proses kurasi dari 89 karya yang masuk ke meja panitia. Peserta yang mengirim berasal dari berbagai kota seperti Denpasar, Bandarlampung, Sijunjung (Sumatera Barat), Bekasi, Bogor, Cimahi, Sukabumi, Semarang, Pati, Boyolali, Surabaya, Cilacap dan Purbalingga.

Film yang lolos merupakan produksi tahun 2013-2014 dengan durasi maksimal lima belas menit. Kualitas secara teknis dan menonjolkan nilai lokalitas dalam setiap ide ceritanya akan menjadi poin tersendiri dalam proses penjurian.  Untuk film yang berbahasa lokal, wajib menyertakan terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

“Setelah pemutaran, film karya pelajar ini akan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari praktisi, dosen dan unsur pemerintah Banjarnegara untuk mendapatkan pemenang pada kategori fiksi dan dokumenter,” imbuhnya.

Direktur Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, Bowo Leksono mengemukakan, keberadaan film pelajar di FFDi adalah bukti eksistensi pembuat film pelajar di Purbalingga sekaligus mendukung gelaran festival tahunan tersebut.

SUKMA NUGRAHA

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.