Uncategorized

Wujudkan KLA, Purbalingga Tunjuk Tiga Desa Percontohan

BRALING.COM, PURBALINGGA – Demi segera menasbihkan diri sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Pemkab Purbalingga menunjuk tiga desa di tiga kecamatan untuk menjadi desa percontohan KLA.

Tiga desa itu ialah Desa Limbasari Kecamatan Kejobong mewakili wilayah eks Kawedanan Bobotsari, Kemudian Kelurahan Purbalingga Kidul Kecamatan Purbalingga di Eks Kawedanan Purbalingga dan Desa Majasari Kecamatan Bukateja mewakili wilayah eks Kawedanan Bukateja.

“Setelah menentukan desa percontohan, akan segera ditindaklanjuti dengan penyusunan profil anak, sosialisasi gugus tugas tingkat kecamatan dan pertemuan tingkat desa percontohan,” jelas Ketua Gugus Tugas KLA, Kodadiyanto.

Menurut Kodadiyanto, untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak diperlukan komitmen dan persepsi yang sama dari seluruh jajaran SKPD yang masuk dalam Tim Gugus Tugas KLA. Semua tim, lanjut Kodadiyanto, harus berperan aktif dalam mewujudkan 31 indikator KLA yang dipersyaratkan.

“Semua wilayah juga harus siap. Tidak hanya yang menjadi percontohan saja. Seementara ini kita fokus pada 3 desa percontohan, jika berhasil baru melangkah pada desa-desa lainnya,” katanya.

Kasubid Peningkatan Kualitas Hidup Anak BP3AKP Jateng, Jarot Sri Nugroho mengemukakan di Jawa Tengah telah ada sedikitnya 27 kabupaten/kota yang sudah mendeklarasikan diri menjadi kabupaten layak anak.

“Purbalingga termasuk yang belum mendeklarasikan diri. Karena data base-nya secara administrasi belum ada,” katanya. Ia berharap, KLA bisa segera diwujudkan oleh Purbalingga. Salah satu caranya dengan sinergitas antar-SKPD.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *