BRALING.COM, PURBALINGGA – Kendati sudah mendapatkan gaji perdana, sampai sekarang Anggota DPRD Purbalingga bisa dibilang belum bekerja. Direktur Institut Negeri Perwira Purbalingga, Indaru Setyo Nurpojo menilai anggota dewan itu sudah bisa dianggap makan gaji buta.

Sudah sebulan ini, kinerja anggota DPRD Kota Perwira belum maksimal. Salah satu penyebabnya, belum adanya kelengkapan pimpinan DPRD. Hingga sekarang DPP PDIP belum mengeluarkan rekomendasi nama calon ketua DPRD Purbalingga.

“Hal ini mau sampai kapan? Jika terus menunggu, siapa yang akan bertangung jawab? Masa anggota dewan hanya makan gaji buta?” kata Indaru. Dosen Ilmu Politik Fisip Unsoed ini juga menyebut belum adanya rekomendasi menandakan PDIP kurang siap dalam menentukan figur calon ketua dewan.

“Saya melihat ada konflik di internal partai yang menyebabkan hal ini (rekomendasi belum turun-red) terjadi. Akibatnya, partai lain dan masyarakat juga yang dikorbankan,” ucapnya. Ditambahkan, DPC PDIP Purbalingga harus mendesak DPP agar segera mengeluarkan rekomendasi nama calon ketua DPRD definitif tersebut.

Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Purbalingga, Udji Winanto mengatakan, hingga Rabu (17/9) sore, pihaknya belum mendapat surat resmi nama calon ketua DPRD definitif dari PDIP. Dan hingga kemarin pula, alat kelengkapan dewan belum terbentuk. “Mereka (anggota dewan) juga melakukan rapat-rapat fraksi sembari menunggu rekomendasi ketua turun,” katanya.

BANGKIT WISMO