Pilihan

Hati-hati! Dalam Tiga Hari, Satu Orang Meninggal di Jalan Raya

BRALING.COM, PURBALINGGA – Sekalipun sudah menurun dibandingkan tahun lalu, angka kecelakaan lalu lintas di Kota Braling hingga September ini sudah menembus 281 kasus. Bahkan dalam catatan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga, dalam tiga hari satu nyawa melayang di jalan raya.

“Jika dibanding dengan tahun lalu, kemungkinan terjadi penurunan jumlah kecelakaan dan korban jiwa,” kata Kepala Unit Kecelakaan Satlantas Polres Purbalingga, Inspektur Satu Galuh Pandu Pandega. Tahun 2013 terjadi 466 kasus kecelakaan lalu lintas.

Pada tahun ini, korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas terjadi pada Maret yaitu 14 orang meninggal dan Agustus dengan 12 orang meninggal. Sementara untuk September ini, sudah terjadi 29 kasus kecelakaan yang mengakibatkan tiga orang tewas, 51 orang mengalami luka ringan dan kerugian materi mencapai Rp 33, 1 juta.

Kepala Satlantas Polres Purbalingga, AKP Sudarsono mengatakan, turunnya angka kecelakaan tersebut, secara tidak langsung juga dipengaruhi digelarnya Operasi Comal Candi (OCC) akibat amblasnya jembatan Comal di Pemalang. Dalam 14 hari OCC, di Jateng yang pada tahun lalu terjadi 315 kecelakaan turun menjadi 174 kasus.

Korban meninggal turun drastis dari 60 orang menjadi 26 orang, korban luka berat 30 orang turun menjadi 24 orang dan luka ringan dari 418 orang menjadi 210 orang. “Harapannya setelah OCC selesai, angka kecelakaan tetap bisa ditekan. Tentunya dengan mengambil peran serta seluruh masyarakat,” katanya.

Dalam catatan Satlantas Polres Purbalingga, kecelakaan lalu lintas banyak terjadi dialami oleh anak-anak, sebab mereka belum waktunya untuk mengendarai motor. Yang terjadi di jalan, banyak mereka yang panik karena tidak tahu rambu-rambu lalu lintas. Imbasnya kecelakaan lebih mudah terjadi.

“Jadi harus ada tauladan, mereka (anak-anak) belum waktunya mengendarai motor, mereka jadi semaunya, jarang di rumah, orang tua sendiri yang susah. Jadi mereka dimbau, dibiasakan untuk menaati aturan lalu lintas. Sebab kecelakaan terjadi karena pelanggaran, sekecil apa pun,” katanya kepada wartawan.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *