Uncategorized

Ingat! Satu Calon Haji Hanya Satu Pengantar ke Pendapa

BRALING.COM, PURBALINGGA – Demi keamanan dan kenyaman jamaah calon haji, Pemkab Purbalingga mulai membatasi jumlah pengantar haji. Mulai tahun ini, hanya satu orang saja yang boleh mengantar calon haji sampai masuk ke komplek Pendapa Dipakusuma.

“Dua tahun lalu, ada jamaah haji yang begitu pulang dari tanah suci, tahu-tahu tasnya sudah sobek. Ternyata ada pencopet. Kasihan sekali. Karena itu, saya pikir, lebih baik yang masuk ke areal Pendopo, dibatasi saja. Satu Calon Haji, satu pengantar,” jelas Bupati Sukento Rido Marhaendrianto.

Sebagai gantinya, Bupati berjanji menyiapkan tenda yang memadai untuk para pengantar lainnya di Alun-alun Purbalingga. Sehingga, para pengantar tetap nyaman dan tidak berdesakan. Para calon hajipun dapat lebih leluasa untuk mempersiapkan diri sebelum keberangkatan.

“Yang berangkat kan 377 orang. Nah kalau yang ngantar cuma satu, berarti halaman pendopo kan cuma dipenuhi 600-an orang. Ya longgar dan nyaman lah. Pancen, rasane lewih mongkog angger jujug nganti bis-e metu kambi dadah-dadah,” ujarnya.

Saat menyambut kepulangan jamaah haji, penjemput juga dibatasi satu yang masuk areal Pendopo Dipokusumo. Untuk para jamaah haji, juga disiapkan tempat transit untuk melepas lelah sebelum kembali ke rumah.

Acara Silaturahim Bupati Purbalingga dengan Jamaah Calon Haji dari Kalangan PNS/BUMN/BUMD, juga diisi tausiyah dari tokoh agama sekaligus takmir Masjid Agung Darussalaam, KH Noor Isja. Noor Isja berpesan agar jamaah calon haji menjaga sikap, terutama setelah berada di tanah suci.

“Misal petugas hajinya dicari susah, jangan nggrundel, jangan ngrasani. Karena petugas hajipun manusia biasa yang bias melakukan kesalahan. Dan, disana nanti, kita akan menerima perlakuan sesuai dengan apa yang kita lakukan. Kalau suka nggrundel dan ngrasani, ya nanti banyak keburukan terjadi,” kata Noor Isja.

BANGKIT WISMO

Tebarkan braling
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *