BRALING.COM, PURBALINGGA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga meminta masyarakat mewaspadai potensi kebakaran, selama masa kemarau. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), kemarau di Purbalingga akan berlangsung sampai dua bulan kedepan.

“Potensi kebakaran, baik di hutan maupun di kawasan rumah-rumah penduduk, rentan terjadi, untuk itu, saya meminta agar warga dalam beraktifitas jangan sampai menimbulkan potensi kebakaran,” pinta Kepala Pelaksana Daerah (BPBD) Purbalingga, Priyo Satmoko, Selasa (9/9).

“Waspadai dalam pengelolaan api, baik saat memasak maupun membakar sampah di kebun. Disamping itu, jangan sampai meninggalkan kompor/tungku api dalam keadaan hidup, pastikan sudah aman, sehingga potensi kebakaran dapat dicegah sedini mungkin,” lanjut dia.

Priyo mengakui tenaga pemadam kebakaran masih belum ideal. Karenanya, BPBD juga akan meminta tambahan personil kepada Bupati Purbalingga, untuk mendukung kinerja BPBD, dalam program penanggulangan kebencanaan, khusunya bencana akibat terjadinya kebakaran.

BANGKIT WISMO