Pilihan Plesir

Oktober, Festival Desa Wisata Digelar di GOR Satria Purwokerto

BRALING.COM, PURBALINGGA – Festival Desa Wisata Tahun 2014 bakal digelar di GOR Satria Purwokerto, Jumat – Sabtu, (10-11/10) Oktober mendatang. Tahun ini, gelaran yang dimotori oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Jateng akan mengangkat tema “Desaku Harapanku, Keunikan Desaku adalah Sumber Inspirasiku”.

“Melalui festival desa wisata ini diharapkan potensi desa wisata dapat dipromosikan kepada biro atau agen wisata dan masyarakat umum,” kata Kepala Seksi Pengembangan Wisata Dinbudpar Jateng, Ir Prambudi Traju Trisno MM MSi. Tahun ini kali pertama festival desa wisata digelar.

Prambudi mengemukakan, desa wisata merupakan salah satu potensi daya tarik wisata alam dan masyarakat yang benar-benar berdampak langsung terhadap ekonomi kerakyatan. Masyarakat akan secara langsung menikmati hasil dari kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestic.

“Realitas saat ini, desa wisata merupakan wisata alternative bagi wisatawan dikarenakan kejenuhan terhadap hiruk pikuk kehidupan di kota besar,” kata Prambudi. Festival desa wisata diharap mampu meningkatkan apresiasi terhadap pengembangan desa wisata yang pada akhirnya menjadi sarana pembinaan dan motivasi bagi pengelola desa wisata.

Kegiatan festival meliputi lomba yel-yel, apresiasi seni, pameran, sarasehan, lombapaparan potensi desa wisata, dan penampilan promo film pendek potensi desa wisata. “Peserta festival adalah desa wisata yang masih aktif, sudah berkembang dan layak jual, serta pernah dikunjungi wisatawan,” ujar dia. Festival ini akan dibarengkan dengan festival jamu & kuliner.

BANGKIT WISMO

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.